Profil Sukma Noor Akbar Ketua HIMPSI Kalsel, Psikolog Peduli Penyintas Banjir Kalsel

Sukma Noor Akbar merupakan Psikolog asal kelahiran Pelaihari, 21 April 1981.

Editor: Royan Naimi
istimewa
Sukma Noor Akbar 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM - Sukma Noor Akbar merupakan Psikolog asal kelahiran Pelaihari, 21 April 1981.

Masa kecilnya hingga lulus dari SMPN 1 Pelaihari dihabiskan di kota kecil tersebut, kemudian melanjutkan ke SMAN 2 Banjarmasin.

Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Himpunan Psikologi indonesia (HIMPSI) Wilayah Kalimantan Selatan sejak tahun 2019 hingga sekarang.

Aktivitasnya di organisasi psikologi sudah dimulai sejak tahun 2007 setelah lulus dari Magister Profesi Psikologi di Universitas Airlangga Surabaya, dengan menginisiasi pembentukan Ikatan Psikologi Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Kalimantan Selatan dan Asosiasi Psikologi Forensik (Apsifor) Wilayah Kalimantan Selatan.

Ayah dua anak ini juga menjabat sebagai Koordinator Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran ULM untuk periode kedua kalinya, periode pertama pada tahun 2012-2016 dan periode kedua 2020 – 2024.

Dengan aktifitas yang cukup padat sebagai asesor penilaian kompetensi bagi Jabatan Tinggi Pratama (JPT) dan juga sebagai panitia peleksi bagi JPT di berbagai daerah untuk memilih Calon Kepala Dinas atau Pimpinan SKPD serta aktif dalam pengembangan sumber daya manusia.

Pada saat banjir pada pertengahan Januari 2021, Sukma Noor Akbar selaku Ketua HIMPSI Kalsel mengkoordinir pembentukan tim Relawan Pendampingan Psikososial (RPP).

Merupakan gabungan relawan dari organisasi minat/profesi, tiga kampus psikologi yaitu Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Islam Negeri Antasari dan Universitas Muhammad Banjarmasin,alumni dan mahasiswa psikologi untuk melakukan pendampingan kepada penyintas banjir di kabupaten Batola, Banjar, HST, Tanah Laut, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Sebanyak 150 relawan RPP selama beberapa minggu melakukan Dukungan Psikologi Awal (DPA) kepada ribuan anak maupun orangtua penyintas banjir. Sedikit sumbangsih psikologi untuk kesehatan mental anak-anak penyintas banjir.

Apresiasi dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kepada HIMPSI Kalsel dalam penanganan penyintas banjir adalah diberikannya anugerah KPAI tahun 2021 sebagai Organisasi Profesi Peduli Anak pada bulan juli yang lalu.

Hal ini merupakan suatu kebanggaan dan prestasi bagi HIMPSI Kalsel mendapat penghargaan yang luar biasa di tingkat nasional dan menyisihkan berbagai organisasi profesi di Indonesia.

(banjarmasinpost.co.id/Milna)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved