Profil Andris Evony Kepala Bappeda Kabupaten Tanahlaut, Pehobi Mancing yang Terbiasa Bekerja Keras

Sejak 18 Mei 2019 hingga sekarang, Andris Evony dipercaya menjabat sebagai Kepala Bappeda Kabupaten Tanahlaut.

Editor: Royan Naimi
banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Idda Royani
Andris Evony, Kepala Bappeda Kabupaten Tanahlaut. 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, PELAIHARI -  Sejak 18 Mei 2019 hingga sekarang, Andris Evony SSTP MSi, menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanahlaut.

Ia mengawali profesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) sejak menjalani pendidikan di Diploma IV Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor pada 1 November 1997 (TMT pangkat IIa).

Lulus STPDN Jatinangor pada 30 Juni 2001 dan kembali ke Tanah Laut mengabdi di daerah ini di lingkup Pemkab Tala. Pada 1 januari 2002 pangkatnya naik menjadi IIIb (penata muda tingkat I) TMT 1 Januari 2002.

Karier Andris tergolong cepat. Pada tahun 2001 hingga 2002 ia menjabat jabatan eselon IVb sebagai sekretaris Lurah Pabahanan. Sejumlah jabatan di sejumlah satuan kerja perangkat daerah pernah ia jabat hingga pada 20 April 2017 dirinya mendapat promosi menjabat jabatan eselon IIb di Dinas Perhubungan Tala.

Baca juga: Profil Ketua PWNU Kalsel KH Abdul Hasib Salim, NU Mendarah Dagang Sejak Kecil

Baca juga: Profil Anggota DPRD Kalsel H Suripno Sumas, Salah Satu Tokoh Pencetus Kabupaten Gambut Raya

Baca juga: KH Jarkasyi Hasbi Pimpinan Ponpes Darul Hijrah Desa Cindai Alus Martapura Kalsel Raih Kalpataru 2021

Sekitar dua tahun kemudian atau sejak 18 Mei 2019 dirinya menjabat jabatan bergengsi eselon IIb yakni sebagai kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Tala hingga sekarang. Andris sekaligus menjadi pejabat eselon II termuda di Tala.


Sejak Remaja Terbiasa Bekerja Keras

DI balik kariernya yang cemerlang sebagai pegawai pemerintah, tak banyak yang tahu tantangan hidup cukup berat telah dihadapi Andris Evony sejak semasa remaja.

Sebagai anak seorang nelayan di Tala, Andris juga telah terbiasa menjalani hidup yang pas-pasan. Bahkan saat masih duduk di bangku sekolah menengah atas, ia sudah harus peras keringat banting tulang.

Andris ikut bekerja pada sang paman, mengambil upah angkutan kayu bahan baku pembuatan papan, kasau, dan lainnya. Naik turuk truk pun kenyang ia jalani dari satu tempat ke tempat lain.

Tempat pengambilan kayu pun lumayan jauh yakni hingga di wilayah Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Blusukan hingga ke pelosok wilayah biasa ia jalani seperti ke kawasan Pintu Angin berjarak sekitar 60 kilometer dari muara jalan raya (A Yani) di simpang empat Sumpul, Sungai Danau.

Andris Evony hobi gowes keliling kompleks atau kota Pelaihari.
Andris Evony hobi gowes keliling kompleks atau kota Pelaihari. (Andris Evony untuk banjarmasinpostwiki.tribunnews.com)

Menggunakan truk, Andris berangkat bersama sopir dan buruh angkut. Tugasnya menggantikan sang paman yakni menghitung dan membayar kayu yang diangkut dan membayar upah buruh angkut.

Kayu-kayu tersebut kemudian dibawa ke tempat penggergajian (bandsaw) seperti di wilayah Saranghalang, Kecamatan Pelaihari. Biasanya sang paman telah menunggu di lokasi bandsaw.

Pekerjaan itu cukup menyita waktu. Kadang tiba di rumah pukul 04.00 Wita. Setelah sholat subuh, Andris kemudian tidur sejenak dan pukul 07.00 Wita bersiap berangkat ke sekolah.

Aktivitas itu ia jalani dua kali dalam sepekan sejak duduk di bangku kelas 2 hingga kelas 3 SMA. Ia juga hampir selalu membawa buku pelajaran saat melakoni pekerjaan berat tersebut.

Meski cukup menyita waktu dan tenaga, namun rasa lelah seketika sirna ketika Andris menerima upah yang kala itu sebesar Rp 17.500 hingga Rp 25 ribu. Lumayan besar pada era 1990-an.

Uang itu ia tabung dan untuk keperluan sekolah seperti membeli sepatu hingga membayar SPP. Maklum, penghasilan orangtuanya juga tak seberapa. Bahkan ketika lulus SMA dan ada pendaftaran STPDN, Andris wira-wiri mengurus segala sesuatu hingga ke Banjarbaru dengan uang tabungannya sendiri.


Hobi Mancing Hingga Jual Beli Mobil

PRIBADI pekerja keras yang terbentuk sejak masa remaja membuat sosok Andris Evony tak pernah mau diam. Di sela kesibukannya sebagai pejabat di lingkup Pemkab Tala, dirinya masih meluangkan waktu untuk menyalurkan hobinya.

Ia paling gemar bersepeda atau gowes. Biasanya ia mengayuh pedal keliling kompleks atau keliling wilayah kelurahan di Kota Pelaihari, kadang juga ikut latihan tenis lapangan.

Pada hari libur Andris juga gemar memancing di sungai atau di kawasan rawa maupun di hamparan persawahan. Adakalanya juga ia ngetrail blusukan hingga ke kampung-kampung yang jauh dari kota sembari melihat keadaan atau kondisi sosial ekonomi dan insfrastruktur di lapangan.

Hari libur di sela kesibukannya, Andris Evony kerap menyalurkan hobi memancingnya.
Hari libur di sela kesibukannya, Andris Evony kerap menyalurkan hobi memancingnya. (Andris Evony untuk banjarmasinpostwiki.tribunnews.com)
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved