Profil Anggota DPRD Kalsel H Suripno Sumas, Salah Satu Tokoh Pencetus Kabupaten Gambut Raya

Salah satu tokoh pencetus Kabupaten Gambut Raya adalah H Suripno Sumas SH MH yang merupakan putera Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Editor: Royan Naimi
banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/dok
Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas. 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM - Pemekaran Kabupaten Gambut Raya dari Kabupaten Banjar masih terus berlanjut meski kini terkendala adanya moratorium pembentukan daerah baru.

Lalu, siapa pencetus berdirinya panitia penuntutan pemekaran Kabupaten Gambut Raya.

Salah satu pencetusnya adalah H Suripno Sumas SH MH yang merupakan putera Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Pria yang kini menjadi pengurus PKB dan Sekretaris Komisi 1 DPRD Kalsel menjadi salah satu pencetus berdirinya Panitia Penuntutan Pemekaran Kabupaten Gambut Raya dari Kabupaten Banjar.

Baca juga: Profil Rektor UIN Antasari Banjarmasin Periode 2017-2021 Prof Mujiburrahman

Saat ia masih menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru pada 2001, Suripno bersama warga dari lima kecamatan sekitar Gambut yakni Kertak Hanyar, Aluh-aluh, Sungai Tabuk, dan Beruntung Baru sepakat berinisiatif gelar rapat pembentukan panitia pemekaran.

Kala itu musyawarah dilakukan di Kecamatan Gambut tepatnya di Madrasah Aliyah Gambut.

Pada awalnya Suripno kelahiran Sungai Tabuk 14 Februari 1950 ini belum diberi mandat sebagai ketua panitia, hingga akhirnya ia menjadi ketua panitia penuntutan pemekaran.

Selama memimpin ia melakukan pertemuan dengan kepala desa, dan tokoh masyarakat. Selain itu ia langsung mengirimkan proposal pembentukan Gambut Raya.

Baca juga: KH Jarkasyi Hasbi Pimpinan Ponpes Darul Hijrah Desa Cindai Alus Martapura Kalsel Raih Kalpataru 2021

Seiring berjalan waktu, moratorium pembentukan daerah baru dikeluarkan pemerintah pusat.

Pada 2018 pemekaran Gambut Raya kembali digaungkan. Kali ini pemekaran didukung langsung tokoh masyarakat Kabupaten Banjar dari lima kecamatan tersebut.

Pada tahun itu juga dilakukan reshuffle kepengurusan panitia penuntutan pemekaran Kabupaten Gambut Raya. Ketua DPRD Kalsel H Supian HK terpilih memimpin panita penuntutan.

Keinginan Suripno Sumas untuk adanya pemekaran dengan alasan wilayah Kabupaten Banjar yang terlalu luas sehingga banyak daerah yang tidak terjangkau pemerintah induk.

Meski ia tak lagi menetap di Sungai Tabuk, namun masih mengikuti perkembangan pemekaran Kabupaten Gambut Raya dan memperjuangkannya dalam kapasitas sebagai anggota DPRD Provinsi Kalsel.

Bapak dari lima orang anak suami dari Anni Hanisah ini sebelumnya menempuh pendidikan SD di SDN Asoka Sungai Tabuk, SMPN 5 Banjarmasin, SMAN 2 Banjarmasin, dan FH ULM.

Ia juga aktif dalam organisasi Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dari 1970-1974, Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia Kota Banjarmasin tahun 1982-1992, pengurus Golkar Banjarmasin dari 1992 -1997 dan kini menjadi pengurus PKB Kalsel dari 2012 hingga kini.

(banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Milna Sari)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved