Profil Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin, Penggagas Siring Banjarmasin Dekat dengan Para Ketua RT

Mendengar tentang Siring Banjarmasin maka salah satu penggagasnya yakni sosok H Muhidin yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Selatan

Editor: Royan Naimi
banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Milna Sari
Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin. 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, BANJARMASIN - Jika mendengar tentang Siring Banjarmasin maka salah satu yang akan diingat adalah penggagasnya yakni sosok H Muhidin.

Siring yang kini menjadi salah satu wisata ikonik Kota Banjarmasin itu merupakan gagasan dari H Muhidin yang saat itu menjabat sebagai wali kota Banjarmasin periode 2010 - 2015.

Kesuksesannya membangun siring sebagai salah satu cara mengatasi kekumuhan di Banjarmasin didukung oleh ketua RT di Banjarmasin.

Ia berhasil meyakinkan ketua RT di Banjarmasin agar warga mau untuk dilakukan pembebasan lahan untuk pembangunan Siring.

Baca juga: Profil Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Bertekad Wujudkan Kabupaten Banjar Maju Mandiri dan Agamis

Baca juga: Profil Bupati Baritokuala Hj Noormiliyani, Bupati Perempuan Pertama di Kalimantan Selatan

Baca juga: Profil Bupati Tanahlaut HM Sukamta, Gemar Sendirian Blusukan

H Muhidin yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Selatan periode 2021-2024 ini diketahui dekat dengan semua ketua RT di Banjarmasin.

Salah satunya saat ia menjabat sebagai Ketua Partai Bintang Reformasi (PBR), ia membagikan seribu genset dari hasil gajinya sebagai anggota DPRD Tapin dan DPRD Kalsel ke setiap musala di Banjarmasin di tahun 2007.

Tindakan tersebut ia lakukan atas usulan dari ketua RT se-Banjarmasin lantaran sering terjadi pemadaman listrik di Banjarmasin kala itu.

Muhidin yang terbiasa mendengar suara azan berkumandang dengan bantuan pengeras suara merasa perlu untuk memberi sumbangsih agar suara azan tetap lantang berkumandang meski sering terjadi pemadaman listrik.

Termasuk saat dirinya mencalonkan diri sebagai wali kota Banjarmasin. Atas dukungan dari ketua RT ia pun memberanikan diri maju sebagai calon wali kota yang diusung PBR dan terpilih menjadi wali kota Banjarmasin untuk satu periode.

H Muhidin SE SH MM merupakan putera Binuang Tapin kelahiran 6 Mei 1958. Ia memulai karir sebagai Guru Olahraga SD di Tapin dari 1981 hingga 2004.

Melalui pekerjaan sebagai guru itulah ia mendapatkan pasangannya kini, Hj Fathul Jannah yang sebelumnya sebagai siswanya di SDN Binuang 7.

Ia kemudian menjadi anggota DPRD Tapin periode 2004 hingga 2009 saat masih bergabung di PBR.

Masih dengan partai yang sama, ia hijrah ke Banjarmasin dan menjadi warga Banjarmasin dan menduduki kursi anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan dengan periode yang singkat yakni 2009 hingga 2010.

Hingga di 2010 ia juga menjadi wali kota Banjarmasin dan pasangannya Irwan Anshari atas dukungan PBR.

Karir perpolitikan Muhidin dimulai saat ia bergabung di PBR. Namun tak lama saat Muhidin menjabat sebagai wali kota Banjarmasin ia bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan menjadi ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PAN Kalsel.

Pada 2015 ia maju menjadi calon gubernur Kalimantan Selatan berpasangan dengan Gusti Farid Hasan Aman dari jalur independen. Kini ia menjadi wakil gubernur Kalsel periode 2021-2024 berpasangan gubernur Sahbirin Noor.

Ia juga memiliki empat orang anak yakni Hj Karmila, Hj Rahmah Hayati, H Nur Rahman, Ahmad Muzaki. Ia kini juga sudah memiliki tiga orang cucu yakni Azima Nabila Putri, Ahmad Nur Azzami, dan Aisyah Kayla Azzahra.

(banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Milna Sari)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved