Profil Bupati Tanahlaut HM Sukamta, Gemar Sendirian Blusukan

Bupati Tanahlaut (Tala) periode 2018-2023, Drs HM Sukamta MAP, sebelumnya menjabat wakil bupati Tala periode 2013-2018. 

Editor: Royan Naimi
banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Idda Royani
Bupati Tanahlaut HM Sukamta. 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, PELAIHARI - Bupati Tanahlaut (Tala) periode 2018-2023, Drs HM Sukamta MAP, sebelumnya menjabat wakil bupati Tala periode 2013-2018. 

Ia lahir di Kulonprogo pada 30 Juli 1963 silam.

Orangtuanya yakni Suharto dan Sugiyem, warga Dusun Semen, Desa Sukoreno, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta.

Sukamta merupakan seorang birokrat yang cukup lama mengabdi di Kabupaten Tanahlaut sebagai pegawai negeri sipil (PNS) selama 32 tahun sebelum kemudian terpilih sebagai wakil bupati pada 2013 lalu.

Baca juga: Profil Wakil Rektor I ULM Prof H Aminuddin Prahatama Putra, Berikut Riwayat Latar Pendidikannya

Baca juga: Profil Bupati Baritokuala Hj Noormiliyani, Bupati Perempuan Pertama di Kalimantan Selatan

Baca juga: Profil Wali Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan HM Aditya Mufti Ariffin

Beberapa jabatan eselon II pernah dijabat Sukamta sebelum kemudian terjun ke dunia politik dan menjadi kepala daerah. Di antaranya saat masih di birokrasi di lingkup Pemkab Tala.

Dirinya pernah menjabat kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan jabatan terakhir sebagai kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan daerah (Bappeda) Tala.

Sejak dulu hingga sekarang, Sukamta dikenal sebagai seorang yang low profile. Ia mudah bergaul dengan siapa pun karena tak pernah membedakan status sosial.

Lebih dari itu, ia juga gemar blusukan hingga ke perkampungan seorang diri. Kebiasaannya itu juga tetap kerap ia lakoni meski telah menjadi kepala daerah.

Kadang ia menaiki sepeda motor sederhana dan menganakan busana sederhana pula. Karenanya beberapa waktu lalu di media sosial sempat viral fotonya yang menaiki sepeda motor dan berbusana bersahaja.

Sukamta juga dikenal sebagai pejabat daerah yang sangat mudah dihubungi dan nyaman diajak berkomunikasi. Contohnya, ketika warga di pelosok kampung mengundangnya hanya melalui pesan singkat di telepon selular untuk menghadiri acara pesta pernikahan, ia selalu hadir.

Bupati Tanahlaut Drs HM Sukamta MAP.
Bupati Tanahlaut Drs HM Sukamta MAP. (banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Idda Royani)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved