Profil Desa Alur Kabupaten Tanahlaut Kalsel, Sumber Penghasilan Utama Warga dari Hasil Perkebunan

ebagian besar warga Desa Alur Kecamatan Jorong Kabupaten Tanahlaut Kalsel, berprofesi sebagai petani utamanya karet dan kelapa sawit.

Editor: Royan Naimi

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, PELAIHARI -  Sebagian besar warga Kecamatan Jorong'>Desa Alur Kecamatan Jorong Kabupaten Tanahlaut Kalsel, berprofesi sebagai petani utamanya karet dan kelapa sawit.

Maklum, dulu desa ini merupakan unit permukiman transmigrasi yang identik dengan sektor pertanian.

Sumber utama penghasian warga setempat yakni dari usaha tani, terutama dari sektor perkebunan. Ada dua jenis komoditas utama yang dikelola warga yaitu kebun karet dan kelapa sawit.

Selain itu juga warga Desa Alur juga bercocok tanaman pangan, hortikultura, sayuran, dan tanaman buah-buahan. Namun luasannya tak seberapa.

Baca juga: Profil Bupati Baritokuala Hj Noormiliyani, Bupati Perempuan Pertama di Kalimantan Selatan

Baca juga: Profil Rektor ULM Prof H Sutarto Hadi di Kalimantan Selatan

Baca juga: Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Nama Awalnya Lapangan Terbang Ulin

Sektor peternakan juga dikembangkan oleh sebagian warga Desa Alur. Di antaranya ternak kambing, sapi, ayam petelur, dan lainnya.

Sebagian warga lainnya berprofesi sebagai karyawan swasta, pedagang, wiraswasta, pertukangan, hingga pegawai pemerintah. Namun mayoritas merupakan petani.

Usaha tani di Desa Alur terbilang cukup baik. Hasil panenan rata-rata bagus dan warga setempat tak pernah kesulitan memasarkan hasil bumi mereka.

(banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/roy)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved