Profil Desa Alur Kabupaten Tanahlaut Kalsel, Air Bersih dari Sumur Bor yang Dikelola Warga

Di Desa Alur Kecamatan Jorong Kabupaten Tanahlaut, air bersih dihasilkan dari sumur bor yang dikelola warga desa setempat.

Editor: Royan Naimi
banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Idda Royani
Lingkungan jalan permukiman di Desa Alur yang asri dan rapi. 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, PELAIHARI - Di Kecamatan Jorong'>Desa Alur Kecamatan Jorong Kabupaten Tanahlaut Kalsel, air bersih dihasilkan dari sumur bor yang dikelola oleh warga desa setempat.

Sumur bor ada yang dibangun melalui kegiatan Pamsimas (pemerintah pusat) adapula yang dibangun oleh pemerintah desa setempat.

Fasilitas air bersih Pamsimas sebanyak 13 sumur bor yang letaknya tersebar di sejumlah lingkungan rukun tetangga yang dibangun tahun 2014 silam. Lalu, beberapa unit sumur bor lainnya dibangun pemerintah desa tahun 2016 lalu.

Kedalaman sumur bor tersebut rata-rata antara 40 meter hingga 50 meter. Airnya cukup jernis dan segar karena Desa Alur berada di dataran tinggi tak jauh dari kawasan pegunungan.

Baca juga: Profil Bupati Baritokuala Hj Noormiliyani, Bupati Perempuan Pertama di Kalimantan Selatan

Baca juga: Profil Bupati Kotabaru H Sayed Jafar

Baca juga: Profil Rektor ULM Prof H Sutarto Hadi di Kalimantan Selatan

Pengelolaan Pamsimas di-handle oleh warga. Ada petugas khusus yang mendapat tugas mengelola pendistribusian air bersih tersebut. Satu titik sumur mampu melayani sekitar 40 kepala keluarga.

Lingkungan jalan permukiman di Desa Alur yang asri dan rapi.
Lingkungan jalan permukiman di Desa Alur yang asri dan rapi. (banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Idda Royani)

Teknis pengelolaannya mirip air bersih yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Sama-sama menggunakan meter sebagai alat pengukur kubikasi penggunaan air oleh pelanggan (warga).

(banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/roy)

 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved