Profil Bupati Baritokuala Hj Noormiliyani, Bupati Perempuan Pertama di Kalimantan Selatan

Hj Noormiliyani AS merupakan Bupati Baritokuala (Batola) periode 2017-2022, didampingi wakilnya H Rahmadian Noor.

Editor: Royan Naimi
banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Muhammad Tabri
Bupati Batola, Hj Noormiliyani 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, MARABAHAN - Hj Noormiliyani AS merupakan Bupati Baritokuala (Batola) periode 2017-2022, didampingi wakilnya H Rahmadian Noor.

Hj Noormiliyani dilahirkan di Banjarmasin, 21 April 1959. Ia merupakan puteri almarhum H Aberani Sulaiman, Gubernur Kalimantan Selatan periode 1963-1968.

Sepanjang sejarah hingga saat ini, alumni Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin ini tercatat sebagai bupati perempuan pertama di Kalimantan Selatan.

Sebelumnya ia juga sempat terpilih sebagai Ketua DPRD Kalimantan Selatan pada 2014. 

Baca juga: Profil Wakil Bupati Tabalong Drs H Mawardi MSi

Baca juga: Profil Bupati Kotabaru H Sayed Jafar

Baca juga: Profil Rektor ULM Prof H Sutarto Hadi di Kalimantan Selatan

Namun berselang dua tahun, pertengahan 2016 Noormiliyani mengundurkan diri dan mengikuti Pilkada di Baritokuala.

Kehadiran Hj Noormiliyani yang berhasil menjadi seorang kepala daerah turut berdampak positif di sejumlah tatanan kepemimpinan di Baritokuala.

Banyak yang terinspirasi dan menjadikannya sebagai inspirator dalam membulatkan tekad menjadi seorang pemimpin dan menyuarakan aspirasi mereka.

Hinga saat ini setidaknya ada 12 kades perempuan yang berhasil terpilih dari 195 desa/kelurahan yang ada di 17 kecamatan di Kabupaten Baritokuala.

Hj Noormiliyani sendiri merupakan isteri dari H Hasanuddin Murad, bupati Baritokuala untuk dua periode sebelumnya. Yang mana saat ini juga tercatat sebagai legislatif di DPRD Provinsi Kalsel.

Adapun jenjang karir Hj Noormiliyani yakni Ketua TP PKK Kabupaten Baritokuala 2007- 2017, Ketua DPRD Kalsel 2014- 2016 dan menjabat Bupati Baritokuala Periode 2017 hingga 2022 mendatang.

Mengenai jenjang pendidikannya diawali dari SDN Rajawali Tahun 1970, SMPN Taruna Jakarta Tahun 1973, SMA 24 Jakarta Tahun 1976 dan di Universitas Lambung Mangkurat, Fakultas Hukum Tahun 1986.

(banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Muhammad Tabri)

Ikuti kami di
KOMENTAR
1369 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved