Profil Sekda Kabupaten Tanahlaut H Dahnial Kifli, Hobi Ngeband dan Kini Sedang Bangun Agrowisata

Sekretaris daerah Kabupaten Tanahlaut (Sekda Tala), Drs H Dahnial Kifli MAP lahir di Kota Banjarmasin Kalsel pada 25 April 1964.

Editor: Royan Naimi
H Dahnial Kifli untuk banjarmasinpostwiki.tribunnews.com
Sekda Kabupaten Tanahlaut, H Dahnial Kifli 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, PELAIHARI - Sekretaris daerah Kabupaten Tanahlaut (Sekda Tala), Drs H Dahnial Kifli MAP lahir di Kota Banjarmasin Kalsel pada 25 April 1964.

Menjabat sebagai Sekda Tanahlaut sejak 17 Januari 2020 hingga sekarang. Ia mengawali karier sebagai honorer di lingkungan Setda Provinsi Kalsel pada 30 Juni 1998.

Selama menapaki karier pegawai negeri sipil (PNS), sebagian besar waktu pengabdiannya sebagai abdi negara berada di Kabupaten Tala.

Sejak Maret 1992 ia mulai bertugas di lingkungan pemkab setempat hingga promosi jabatan mulai eselon IV (kasi/kasubbag) hingga eselon II (kepala dinas/badan).

Baca juga: Profil Wali Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan HM Aditya Mufti Ariffin

Baca juga: Taman Waterfall Bundaran Simpang Empat Banjarbaru yang Kini Semakin Hits

Baca juga: Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Nama Awalnya Lapangan Terbang Ulin

Beberapa kali Dahnial memimpin sejumlah satuan kerja perangkat daerah di Tala. Jabatan terakhirnya sebagai staf ahli Bidang Pemerintahan (4 Oktober 2013 hingga 20 Oktober 2016).

Ia kemudian hijrah ke Pemprov Kalsel dan menjabat sekretatis Dinas Pendidikan dan Kenudayaan Kalsel. Kariernya di provinsi kian moncer dan dipromosikan menduduki jabatan eselon II dan sempat memimpin beberaa instansi.

Bahkan pada 22 Juli 2018 Dahnial mendapat kepercayaan menjabat sebagai penjabat (pj) bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Amanah itu ia emban hingga 22 Oktober 2018.

Di balik kesibukannya sebagai seorang PNS atau aparatur sipl negara (ASN), Dahnial tetap meluangkan waktunya menyalurkan hobi. Di antaranya nge-band dan nge-trail.

Di Tala Dahnial memiliki band dan perlengkapan musik yang lengkap. Bahkan saat ini pun saat menjabat sekda Tala, di sela padatnya agenda kegiatammya, ia masih menyempatkan diri bermain musik.

Di rumah dinasnya di Jalan Hutan Kota, di bagian belakang ada studio musik (band)-nya.

Bersama komunitas Sahabat DK, Dahnial juga kerap menjelajahi alam di Tala, baik di pegunungan hingga sungai alami di wilayah pelosok.

Sekda Kabupaten Tanahlaut, H Dahnial Kifli
Sekda Kabupaten Tanahlaut, H Dahnial Kifli (H Dahnial Kifli untuk banjarmasinpostwiki.tribunnews.com)

Ia piawai menaiki kendaraan trail dan selalu mampu menaklukkan medan berat sekali pun.

Saat ini lelaki yang selalu tampil rapi dam stylish ini sedang membangun agrowisata di dua tempat yakni di Desa Sungaibakar Kecamatan Bajuin. Lokasinya berdekatan dengan objek wisata Air Terjun Bajuin.

Satu lagi berlokasi di Desa Batilai, Kecamatan Pelaihari. Kedua lokasi agrowisata tersebut kelak akan ia kemas menjadi objek wisata.

Di balik kesuksesannya menapaki karier sebagai ASN, tak banyak yang tahu masa kecilnya sarat tantangan yang cukup berat. Ketika anak-anak seusianya masih asyik bermain, Dahnial telah merasakan beratnya mencari uang.

Semasa masih duduk di bangku sekolah dasar di Banjarmasin tahun 1973, ia pernah berjualan es kero atau es mambo keliling kompleks perumahan (Kompleks Mawar).

Ia menjalani aktivitas itu tiap sepulang sekolah. Pada hari libur yakni Minggu, seharian dirinya berjualan es keliling kompleks permukiman tempat tinggalnya sejak pagi hingga sore.

Panasnya sengatan matahari maupun dinginnya hujan tak pernah menyurutkan semangatnya mengais rezeki. Hal itu menguatkan kepribadiannya sebagai seorang yang mandiri dan pekerja keras.

Ia juga pernah berjualan ikan hias. Selain iu juga aktif menari hingga menjadi pelatih tari. Pernah pula membuka salon dan tergabung di group band Smada tahun 1980-an.

Dahnial juga pernah menjadi DJ di Nabila Supper Club Banjarmasin (sekarang HBI). Lalu, pernah menjabat ketua Tala Auto Sport Team.

Ikuti kami di
KOMENTAR
1364 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved