Mengenal KNPL Anjir Muara, Berperan Aktif Jaga Ekosistem Sungai dan Kawasan Mangrove di Batola

Kelompok Nelayan Peduli Lingkungan (KNPL) Anjir Muara merupakan kelompok masyarakat nelayan di Kabupaten Batola yang aktif bergerak menjaga lingkungan

Editor: Royan Naimi
banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Muhammad Tabri
Aktivitas KNPL Anjir Muara saat melayani jasa transportasi air wisatawan di Pusat Riset Bekantan Pulau Curiak, Kabupaten Baritokuala. 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, MARABAHAN - Kelompok Nelayan Peduli Lingkungan (KNPL) Anjir Muara merupakan kelompok masyarakat nelayan di Kabupaten Batola yang aktif bergerak menjaga lingkungan.

Lebih tepatnya, di lingkungan perairan di kawasan mereka berada, yakni di sepanjang perairan Sungai Barito yang membentang.

Sesuai namanya KNPL Anjir Muara, kelompok ini berbasis di Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Baritokuala, Provinsi Kalimantan Selatan.

Disampaikan Arbain, Ketua KNPL Anjir Muara, selain berprofesi sebagai nelayan di kesehariannya, kelompok yang ia nahkodai berperan aktif terhadap menjaga lingkungan sungai tempat mereka mencari nafkah.

Baca juga: Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Nama Awalnya Lapangan Terbang Ulin

Baca juga: Nama-nama Desa Berawalan Kata Tatah di Kalimantan Selatan, Banyak Ditemukan di Kabupaten Banjar

Baca juga: Bandtrac Aktif Gelar Terabas, Baksos Hingga Pengibaran Merah Putih HUT RI di Bukit Joglo Aranawai

"Kita menjaga ekosistem serta kondisi alamnya. Agar tetap asri dan tidak rusak," ucap Arbain.

Untuk itu, dari 18 orang anggota kelompok yang ada bersamanya selalu antusias mensosialisasikan agar menangkap hasil sungai dengan cara tradisional agar tidak merusak ekosistem.

Selain itu, mereka juga turut menjaga serta melakukan restorasi mangrove di kawasan Sungai Barito guna melestarikan habitat bekantan dan sebagai rumah bagi ratusan biota air sungai.

"Untuk menambah pengetahuan, kami sering mengikuti pelatihan dan dilibatkan beberapa instansi dalam kegiatan. Seperti penanaman mangrove dan pengembangan Desa Wisata Muara Kanoko," tambah Arbain.

Ia pun menambahkan, KNPL Anjir Muara muali diresmikan dan dibina oleh Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) sejak September 2020.

Mereka turut dilibatkan dalam beberapa kegiatan, termasuk melayani jasa transportasi wisatawan yang berkunjung ke Pusat Riset Bekantan Pulau Curiak.

(banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Muhammad Tabri)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved