KalselPedia - Profil dan Visi Misi Lapas Kelas IIB Banjarbaru

Lembaga Pemasyarakatan, Lapas Kelas IIB Banjarbaru berlokasi di Jalan Mistar Cokrokusumo Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalsel.

Editor: Royan Naimi
istimewa/Septyawan Kuspriyo
Lapas Kelas IIB Banjarbaru. 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, BANJARBARU - Lembaga Pemasyarakatan, Lapas Kelas IIB Banjarbaru berlokasi di Jalan Mistar Cokrokusumo Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalsel. 

Sejak Juni 2020 lalu Lapas Kelas II B Banjarbaru dipimpin Kepala Lapas Kelas IIB Banjarbaru Amico Balalembang.

Tujuan pembangunan Lembaga Pemasyarakatan ini adalah sebagai salah satu solusi mengatasi over kapasitas pada beberapa Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.

Adapun Visi Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banjarbaru, yaitu: Lembaga Pemasyarakatan Banjarbaru menjadi Lapas yang memberikan kepastian hukum kepada warga binaan pemasyarakatan.

Baca juga: KalselPedia - Ikon I Love Banjarbaru di Bundaran Lianganggang Kota Banjarbaru

Baca juga: KalselPedia - Profil Kantor Kelurahan Jawa di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Kalsel

Baca juga: KalselPedia - Polresta Banjarbaru Membawahi Lima Polsek, Berikut Lokasi dan Alamatnya

Misi Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Banjarbaru, yaitu :Membentuk petugas Lapas menjadi petugas yang berkarakter PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi,Tansparan, dan Inovasi)

Menjadikan Lembaga Pemasyarakatan yang bersih, dan mengayomi

Menjadikan sistem perlakuan yang memberikan rasa aman, nyaman, dan 
berkeadilan 

Melaksanakan pembinaan, perawatan, dan pembimbingan untuk 
mengembalikan narapidana menjadi warga negara yang aktif dan produktif 
ditengah-tengah masyarakat.

Membangun karakter dan mengembangkan sikap ketaqwaan, sopan 
santun, dan kejujuran pada diri narapidana 

Memberikan pelayanan, perlindungan, dan pemenuhan terhadap hak-hak warga binaan pemasyarakatan dan keluarga/ warga masyarakat yang berkunjung.

Motto Lembaga Pemasyarakatan Klas III Banjarbaru, yaitu Lembaga Pemasyarakatan yang BERSEMI, (Bersih, Sejahtera dan Mengayomi)

Tugas dan Fungsi Penjaga Tahanan adalah tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) jabatan sebagai penjaga tahanan.

Memberikan pelayanan kepada warga binaan pemasyarakatan dan menyiapkan warga binaan pemasyarakatan agar dapat berintegrasi secara sehat dengan masyarakat, sehingga dapat berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggung jawab.

Serta membina dan membimbing warga binaan pemasyarakatan agar bisa meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Intelektual.

Kualitas sikap dan perilaku, profesionalisme / keterampilan, dan Kualitas kesehatan jasmani dan rohani.

Jabatan fungsional penjaga tahanan diatur dalam peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia No.33 Tahun 2015 tentang Pengamanan pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara

Tugas seorang penjaga tahanan meliputi; Pemeriksaaan pintu masuk; Penjagaan pada warga binaaan pemasyarakatan; Pengawalan pada warga binaaan pemasyarakatan.

Pengeledahan pada warga binaaan pemasyarakatan dan barang bawaannya; Inspeksi; Kontrol; Kegiatan Intelijen; Pengendalian Peralatan; Pengawasan Komunikasi; Pengendalian Lingkungan; Penguncian.

Berikutnya; Penempatan dalam rangka Pengamanan; Investegasi dan reka ulang; Kontrol lingkungan blok hunian; Kontrol blok hunian; Penjagaaan pos menara atas;  Area lainnya yang ditetapkan oleh Kepala Lapas atau Rutan.

(banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Khairil Rahim)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved