Taman Miniatur Budaya Dayak

KaltengPedia - Taman Miniatur Budaya Dayak Kotawaringin Timur, Membuka Pengetahuan Tentang Dayak

Keberadaan Taman Miniatur Budaya Dayak Kabupaten Kotim di Sampit, menjadi sarana belajar atau mempelajari tentang adat dan budaya dayak di Kotim.

Editor: Royan Naimi

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM - Keberadaan Taman Miniatur Budaya Dayak Kabupaten Kotim di Sampit, menjadi sarana belajar atau mempelajari tentang adat dan budaya dayak di Kotawaringin Timur.

Ketika memasuki kawasan Taman Miniatur Budaya Dayak Kotim tersebut, akan nampak banyak rumah khas masyarakat lokal Kalimantan secara umum dan rumah adat dayak Kalimantan Tengah.

Beberapa pendatang yang sempat singgah di lokasi tersebut menilai tempat tersebut terasa sakral.

Kesakralan itu terasa dalam waktu tertentu ketiga digelar upacara adat seperti tiwah atau pembersihan kampung atau mamapas lewau agar Kabupaten Kotawaringin Timur tetap aman dan makmur.

Baca juga: KaltengPedia - Profil Taman Miniatur Budaya Dayak Kotawaringin Timur Kalteng

Baca juga: KaltengPedia - Profil UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Kapuas

Baca juga: KalselPedia - Polresta Banjarbaru Membawahi Lima Polsek, Berikut Lokasi dan Alamatnya

 

Sudiono, salah satu pengunjung yang berasal dari Surabaya Jawa Timur, akhir pekan tadi,  mengaku, tertarik datang ke lokasi tersebut untuk melihat secara langsung bentuk-bentuk rumah khas suku dayak.

s"aya jadi tahu makna rumah Betang yang ada di Taman Miniatur Budaya Dayak, filosofisnya ternyata sebagai bentuk kerukunan dan saling tolong-menolong dan toleransi yang tinggi.

Dalam rumah itu dihuni oleh beberapa keluarga berbeda suku dan agama juga keyakinan tapi tetap bisa hidup rukun dan damai dalam satu rumah. Ini membuka wawasan kami sebagai pendatang," ujarnya.

(banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/faturahman)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved