KalselPedia - MTs Siti Mariam Banjarmasin, Nama Madrasah Disematkan dari Nama Istri Pendiri

MTs Siti Mariam Banjarmasin merupakan lembaga pendidikan Islam berstatus swasta di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Siti Mariam.

Editor: Royan Naimi

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, BANJARMASIN - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Siti Mariam Banjarmasin adalah lembaga pendidikan Islam swasta di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Siti Mariam.

MTs Siti Mariam Banjarmasin ini dipelopori oleh seorang tokoh masyarakat di Kelayan A Banjarmasin yang bernama H Ahmad Denan dan istrinya, Hj Siti Mariam.

MTs Siti Mariam Banjarmasin ini didirikan tanggal 1 Januari 1950 dan menjadi sekolah Islam pertama yang ada di Kelayan A Banjarmasin. 

"Dua tahun setelah MTs Siti Mariam Banjarmasin dibangun, istri H Ahmad Denan meninggal berpulang ke Rahmatullah," papar Ida Heryati SPd, Kepala MTs Siti Mariam Banjarmasin.

Baca juga: KalselPedia - Piramida Hijau Ikon Taman Palidangan Sanggam Paringin Balangan, Jadi Spot Foto Unik

Baca juga: KalselPedia - Ragam Taman Kota di Banjarmasin Kalsel, Berikut Rinciannya 

Baca juga: KalselPedia - Hutan Kota di Banjarbaru, Berikut Rinciannya

Pada tahun 1958, didirikan sebuah lembaga pendidikan tingkat pertama dengan nama Pendidikan Guru Agama Nahdhatul Ulama (PGA NU) 4 tahun, pada 1970 yang kemudian dikembangkan lagi menjadi PGA NU 6 tahun. 

"Tanggal 1 Januari 1975, telah menghasilkan ketetapan madrasah tersebut diberi nama Siti Mariam sebagai tanda penghargaan mengenang mendiang istri H Ahmad Denan yang juga pendiri madrasah ini," ujarnya.

Setelah beberapa tahun PGA NU berjalan, pada tanggal 1 Juli 1978 terbit peraturan pemerintah tentang penggantian nama PGA NU 4 tahun menjadi Madrasah Tsanawiyah dan PGA NU 6 tahun menjadi Madrasah Aliyah. 

"Tanggal 28 oktober 1982, dibentuk Yayasan Pendidikan Islam dengan nama Yayasan Pendidikan Islam Siti Mariam” yang mulai saat itu telah mempunyai nama kedudukan yang kuat di dalam hukum.

Yayasan ini telah berbadan hukum dengan terbitnya Akte Notaris No. 83 Tanggal 28 Oktober 1982," ucap ibu dua anak ini.

Ditambahkan Ida, Madrasah ini juga telah terdaftar di Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Kalimantan Selatan dengan nomor 10/3/380/Ib/1978.

(banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/syaiful anwar)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved