KalselPedia - Ragam Taman Kota di Banjarmasin Kalsel, Berikut Rinciannya 

Banjarmasin sebagai ibu kota Kalimantan Selatan banyak taman tersebar di lima kecamatan, yaitu Banjarmasin Tengah, Timur, Barat, Selatan dan Utara.

Editor: Royan Naimi
banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Salmah Saurin
Taman Kamboja Banjarmasin di Jala H Anang Adenansi Banjarmasin Tengah 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM - Banjarmasin sebagai ibu kota Kalimantan Selatan memiliki banyak taman yang tersebar di lima wilayah kecamatan, yaitu Banjarmasin Tengah, Timur, Barat, Selatan, Utara. 

Taman ini tak hanya dihiasi aneka tanaman tapi ada juga wahana bermain anak dan area olahraga. Jadi selain refreshing dan rekreasi, masyarakat juga bisa berolahraga. 

Dari sekian banyak taman baik ukuran kecil, sedang dan besar, berikut beberapa taman yang popular dan mudah dijangkau dari segala arah. 


1. Taman Edukasi Banua Lalu Lintas

Berlokasi di Jl AS Musyafa, Banjarmasin Tengah. Taman ini dulunya bernama Taman Maskot Bekantan dan sempat pula berganti menjadi Taman PKK Provinsi Kalsel. 

Di taman ini ada sekolah PAUD dan TK binaan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel. Juga ada perpustakaan mini. Kemudian ada taman lalu lintas yang dilengkapi dengan kereta api mini berikut lintasan mengitari taman. 

Anak-anak juga bisa bersepeda atau mobilan untuk mengelilingi lintasan. Ada banyak pepohonan rindang dan wahana bermain anak. Di situ juga ada sungai Tatas dengan wahana berupa sepeda air. 

2. Taman Siring Nol Kilometer

Berlokasi di Jl Jenderal Sudirman depan eks Kantor Gubernur Kalsel, Banjarmasin Tengah. Sesuai namanya, Taman Siring Nol Kilometer, taman ini berada di siring sungai Martapura dan tepat di titik nol kilometer. 

Selain pemandangan sungai, di sini juga bisa berolahraga karena di lantai siring ada lintasan olahraga untuk jalan santai, joging dan arena skateboard. 

Taman ini juga dilengkapi panggung permanen untuk menggelar berbagai acara. Sedangkan di seberangnya, di lahan bekas kantor gubernur Kalsel sedang dirampungkan taman rekreasi yang lebih besar. 

3. Taman Patung Bekantan

Berlokasi di Jl Piere Tendean, Banjarmasin Timur, dekat Jembatan Dewi. Di sini menjadi spot favorit para wisatawan karena ada monumen perunggu berbentuk bekantan, hewan primata khas Kalsel. 

Selain berfoto ria di patung yang menjadi ikon Kota Banjarmasin itu, kita juga bisa menikmati pemandangan sungai dan wisata susur sungai menggunakan kelotok. 

Di sini juga ada arena olahraga yaitu lapangan basket yang setiap sore selalu ramai oleh anak muda yang bergantian bermain basket. 

4. Taman Kamboja

Berlokasi di Jl H Anang Adenansi, Banjarmasin Tengah. Ini taman di pusat kota yang dilengkapi air mancur menari dan sejumlah wahana permainan anak. 

Taman Kamboja Banjarmasin di Jala H Anang Adenansi Banjarmasin Tengah
Taman Kamboja Banjarmasin di Jala H Anang Adenansi Banjarmasin Tengah (banjarmasinpostwiki.tribunnews.com)

Taman ini cukup luas. Banyak pepohonan rindang dan rerumputan hijau. Juga ada wahana olahraga outdoor.

Berdampingan dengan taman ini ada area terbuka yang biasa dijadikan tempat acara macam panggung hiburan, pameran maupun pasar wadai Ramadhan. 

5. Taman Edukasi Baiman

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved