KalselPedia - Lapangan Murjani Banjarbaru, Alun-alunnya Kota Idaman Pusat Berbagai Kegiatan

Lapangan Murjani Banjarbaru adalah merupakan fasilitas umum lapangan terbuka alun-alunnya Kota Idaman multi fungsi pusat berbagai kegiatan.

Editor: Royan Naimi
banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Nurholis Huda
Lapangan Murjani Banjarbaru 

BANJARMASINBPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, BANJARBARU - Lapangan Murjani Banjarbaru adalah merupakan fasilitas umum lapangan terbuka alun-alunnya Kota Idaman multi fungsi pusat berbagai kegiatan.

Lokasinya di tengah-tengah pusat perkantoran Pemko Banjarbaru atau depan gedung DPRD Kota Banjarbaru di kawasan pusat Kota Banjarbaru di Jalan Panglima Batur.

Nama lapangan ini merupakan nama Gubernur Kalimantan Dr Murdjani. Nama Dr Murdjani juga begitu kental dengan sejarah terbentuknya kota Banjarbaru.

Dalam sejarahnya, Gubernur dr. Murdjani dibantu seorang perencana Van der Pijl merancang Banjarbaru sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan.

Baca juga: KalselPedia - Taman Fun Corner, Saptic Tank Ditata Jadi Taman Kantor Dinas Pariwisata Tanahlaut

Baca juga: KalselPedia - Kuliner Khas Banjar, Berikut Masakan yang Berkuah Santan

Baca juga: KalselPedia - Hotel di Banjarbaru, Berikut Nama Alamat Hotel Serta Jumlah Kamar

Namun perencanaan ini terhenti sampai pada perubahan status Kota Banjarbaru menjadi Kota Administratif.

Van Der Pijl mendesain dua lapangan di Banjarbaru yakni lapangan depan Balaikota dan kawasan taman gembira.

Nama Banjarbaru awalnya nama sementara yang diberikan Gubernur dr Murjani, untuk membedakan dengan Kota Banjarmasin, yaitu kota baru di Banjar. Kota Banjarbaru merupakan pemekaran dari Kabupaten Banjar.

Kota Banjarbaru berdiri berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 9 Tahun 1999. Lahirnya UU tersebut menandai berpisahnya Kota Banjarbaru dari Kabupaten Banjar.

Lapangan Murjani kini multi fungsi. Biasa digunakan Pemko Banjarbaru sebagai tempat upacara, di hari yang lain berubah menjadi arena balap Road Race.

Menjadi tempat digelarnya event berskala lokal maupun nasional seperti pameran Banjarbaru Fair, pameran Book Fair, olahraga dan lain sejenisnya.

Jika Sore hari, kawasan Lapangan Murjani akan menjadi tempat tongkrongan yang menyenangkan bagi aneka komunitas.

Lapangan Murjani Banjarbaru
Lapangan Murjani Banjarbaru (banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Nurholis Huda)

Selain itu, Lapangan Murjani juga akan menjadi tempat para anak muda mengekspresikan bakatnya, baik musik, olahraga, seni tari, dan lain-lain tanpa ada yang mengganggu.

Setiap sore di kawasan Lapangan Murjani tersedia aneka ragam kuliner jajanan, baik lesehan maupun duduk, seperti pentol bakar, gorengan, jagung bakar, roti bakar, pisang keju, dan lain sejenisnya.

Suasana pagi hari berbeda dengan malam hari. Di malam hari, kawasan ini berubah menjadi arena bermain keluarga. Odong-odong, scooter, mobil dan motor mini, serta sepeda.

Lapangan Murjani Banjarbaru 03
Lapangan Murjani Banjarbaru 03 (banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Nurholis Huda)

Ada pula sejenis becak mirip odong-odong berkapasitas dua atau empat orang lengkap dengan kemudi yang mirip dengan mobil, telah menanti untuk di sewa.

Harga sewanya cukup terjangkau. Karenanya kalau lagi ramai harus sabar menunggu antrean.

Pada Minggu pagi tempat ini menjadi ajang favorit bagi pencinta olahraga joging, senam pagi, dan berbagai aktivitas olahraga lainnya.

Setelah lelah berolahraga, jangan tak perlu bingung mencari tempat bersantai sambil sarapan.

Sebab di sekeliling Lapangan ini sudah banyak penjual yang  menawarkan aneka macam sarapan, seperti nasi kuning, lontong, bubur ayam, sate, soto, dan sejenisnya.

(banjarmasinpostwiki.tribunnews.com /Nurholis Huda). 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved