KalselPedia - Profil DPMPTSP Tanahlaut, Kawasan Industri Jorong Jadi Harapan Baru

Pengembangan Kawasan Industri Jorong (KIJ) masih menapaki jalan yang panjang dan menjadi harapan meningkatkan PAD kabupaten Tanahlaut.

Editor: Royan Naimi
istimewa
Pelabuhan Pelaihari di Swarangan yang merupakan proyek strategis nasional di Kawasan Industri Jorong. 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, PELAIHARI - Pengembangan Kawasan Industri Jorong (KIJ) masih menapaki jalan yang panjang.

Pasalnya hingga sekarang belum ada investor baru yang ingin menanamkan investasinya mengelola kawasan industri baru tersebut.

Di kawasan tersebut telah berdiri pelabuhan umum berskala besar yang dibangun oleh pemerintah pusat dan selanjutnya bakal dikelola Pemkab Tala.

Pelabuhan di wilayah Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, yang diberi nama Pelabuhan Pelaihari itu dibangun di atas lahan yang luas. Sejumlah fasilitas penunjang juga telah dibangun.

Baca juga: KalselPedia - Profil DPMPTSP Tanahlaut, Setahun Proses Lebih 3.000 Perizinan

Baca juga: KalselPedia - Tradisi Batumbang Anak di Hulu Sungai Kalsel, Bayi Dinaikkan ke Mimbar Masjid

Baca juga: KalselPedia - Layanan Tes GeNose Covid-19 Biaya Murah di Bandara Internasional Syamsudin Noor

Januari 2021 lalu ujicoba pembongkaran barang sukses dilakukan setelah sebumnya.juga telah dilaksanakan ujicoba pengirimam barang ke luar pulau.

Pertemuan secara virtual Bupati Tala HM Sukamta dengan Presiden Komisaris PT Jababeka Tbk Setyono Djuandi Darmono 23 Februari 2021 lalu belum mengarah investasi program strategis nasional (PSN) itu.

Ekspektasi awal pertemuan tersebut membahas rencana investasi PT Jababeka Tbk di KIJ.

Namun pembahasan lebih mengarah pada saran pihak perusahaan swasta ternama tersebut kepada Pemkab Tala terhadap upaya pengembangan KIJ.

Bupati Tala HM Sukamta menegaskan keseriusan pemerintahannya mengembangkan KIJ melalui topangan penguatan sektor hulu hingga hilir.

Termasuk kesiapan memberi kemudahan perizinan bagi investor. Dilanjutkan paparan visual melalui slide proyektor.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved