KalselPedia - Menilik Ekskul Kesenian di SMANDUPA, Siswa Belajar Menggunakan Alat Musik Tradisional

Meski di tengah pandemi Covid 19, siswa SMAN 2 Paringin tetap ada yang beraktivitas di sekolah berupa kegiatan ekstrakurikuler musik panting.

banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Isti Rohayanti
Siswa SMAN 2 Paringin memainkan musik panting yang merupakan kegiatan ekstrakurikuler sekolah 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, PARINGIN - Meski di tengah pandemi Covid 19, siswa SMAN 2 Paringin tetap ada yang beraktivitas di sekolah.

Kegiatan tersebut untuk pembinaan ekstrakurikuler. Tentunya, mereka yang datang ke sekolah wajib taat terhadap protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam binaan tenaga pembimbing yang juga merupakan guru di SMAN 2 Paringin, beberapa siswa nampak aktif memainkan alat musik tradisional.

Mereka rupanya para siswa yang mengambil ekstrakurikuler musik panting di SMAN 2 Paringin atau yang lebih dikenal sebagai SMANDUPA.

Baca juga: KalselPedia - SMAN 2 Paringin, Sekolah Favorit di Kabupaten Balangan, Cetak Pelajar Berprestasi

Baca juga: KalselPedia - SMAN 2 Paringin, School of Champions Kembangkan Potensi Siswa Berprestasi

Baca juga: KalselPedia - Profil Prof Hj Masyithah Umar, Guru Besar UIN Antasari Banjarmasin Bidang Fikih

Sejumlah lagu banjar dinyanyikan para siswa tersebut. Mereka terlihat ahli dalam melantunkan nada. Diiringi pula pembimbingnya yang memandu sekaligus bernyanyi.

Kepala SMAN 2 Paringin, Rakhmiati menerangkan, kegiatan ekskul tersebut selaras dengan program SMANDUPA untuk mengembangkan atau melestarikan budaya daerah.

Kepala SMAN 2 Paringin, Rahkmiati memperlihatkan ruang TU sekaligus ruang guru di SMAN 2 Paringin
Kepala SMAN 2 Paringin, Rahkmiati memperlihatkan ruang TU sekaligus ruang guru di SMAN 2 Paringin (banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Isti Rohayanti)

Selain itu, adanya dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov Kalsel, membuat ekskul tersebut terus berkembang.

Terlebih ucap Rakhmi, pihaknya juga telah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan pada bidang kebudayaan.

"Segala fasilitas untuk ekskul musik panting ini dari Disdikbud Kalsel dan sinkron dengan program pendidikan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan. Sehingga pihak kabupaten mengadakan pembinaan dalam program musik panting dan siswanya dari SMANDUPA," ucap Rakhmi, Selasa (4/5/2021).

Pengembangan kesenian tradisional menjadi program unggulan di SMANDUPA. Selain musik panting, ada beberapa kesenian tradisional yang juga ditingkatkan pada sekolah tersebut.

(banjarmasinposttravel.tribunnews.com/isti rohayanti)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved