Berita Kotabaru

Pasar Limbur Raya Kotabaru, Dilengkapi Fasilitas Lift dan Eskalator Tapi Tak Berfungsi

Pasar Limbur Raya Kotabaru yang diresmikan pada 2009 bagi sebagian masyarakat sempat dianggap sebagai mal Kotabaru

Editor: Royan Naimi
banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Helriansyah
Pasar Limbur Raya Kotabaru, Kalsel. 

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, KOTABARU - Pasar Limbur Raya Kotabaru yang diresmikan pada 2009 bagi sebagian masyarakat sempat dianggap sebagai mal Kotabaru.

Disebut mal karena Limbur Raya Kotabaru'>Pasar Limbur Raya Kotabaru satu-satunya bangunan yang refresentatif dibanding bangunan pasar di Komplek Pasar Kemakmuran, Kotabaru.

Masyarakat pada umumnya kebanyakan menyebut mal. Kala itu selain konstruksi bangunan beton terdiri dari tiga lantai. Limbur Raya satu-satunya tempat perbelanjaan megah di Bumi Saijaan.

Disebut bangunan pasar paling megah selain terlihat dari konstruksi bangunan, pasar yang berlokasi di jalan Putri Ciptasari, Kelurahan Kotabaru Tengah dilengkapi fasilitas canggih di kala itu.

Baca juga: Kantor Camat Juai Kabupaten Balangan, Bangunan Baru Rehab Total pada 2018 Anggaran Rp 7 Miliar

Baca juga: Pelabuhan Rambang Palangkaraya Kalimantan Tengah Ditata Jadi Kawasan Wisata Kuliner Sungai

Baca juga: Satu Keluarga di Kabupaten Tanahlaut Ini Bikin Spatula dan Perabot Dapur dari Limbah Kayu Ulin

Memudahkan konsumen/pengunjung berbelanja, Pasar Limbur Raya sempat disebut-sebut mal-nya Kotabaru karena dilengkapi fasilitas lift dan eskalator (tangga jalan).

Sayangnya sejak diresmikan sekitar 2009 silam hingga sekarang dua fasilitas yang sempat dibangga-banggakan masyarakat di pusat kota Kotabaru, tidak berfungsi.

Padahal dua fasilitas itu cukup menguras anggaran daerah. Hanya tidak pernah dinikmati masyarakat umum. Selain mubazir, pun kondisi dua fasilitas itu kondisinya sudah cukup memprihatinkan.

Bangunan terdiri tiga lantai. Lantai dasar di tempat pedagang pakaian, lantai dua pedagang perhiasan.

Sedangkan di lantai tiga, sempat dijadikan ruang kantor Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan arena olahraga bilyar. Sekarang kondisinya mulai kurang terurus.

Mahdi, masyarakat Kotabaru mengakui saat proses pembangunan bangunan pasar Limbur Raya disebut-sebut sebagai mal Kotabaru karena bangunan tersedia fasilitas lift dan eskalator.

"Benar dulu, warga menyebutnya mal Kotabaru. Ada lift dan tangga jalan (eskalator), tapi ternyata tidak berfungsi" ungkap Mahdi kepada banjarmasinpost.co.id, Minggu (18/4/2021).

Pasar Limbur Raya Kotabaru, Kalsel.
Pasar Limbur Raya Kotabaru, Kalsel. (banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Helriansyah)

Sayangnya semenjak diresmikan, sampai sekarang dua fasilitas tidak berfungsi. Padahal masyarakat sangat mendambakan, karena satu-satunya tempat perbelanjaan yang dilengkapi fasilitas modern.

"Jadi, memang sangat disayangkan. Dilengkapi lift dan eskalator, tapi tidak difungsikan," pungkasnya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved