Ponpes Darussalam Martapura

VIDEO Pondok Pesantren Darussalam Martapura Kalsel, Berdiri Sejak 1914 Tertua di Kabupaten Banjar

Pondok Pesantren Darussalam Martapura adalah lembaga pendidikan agama Islam tertua di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

BANJARMASINPOSTWIKI.TRIBUNNEWS.COM, MARTAPURA - Pondok Pesantren Darussalam Martapura adalah lembaga pendidikan agama Islam tertua di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Lembaga pendidikan agama Islam itu kini sudah berbentuk Yayasan Pondok Pesantren Darussalam. Sudah 10 pimpinan umum yang mengelola Pondok Pesantren Darussalam Martapura, terkini dijabat KH Hasanuddin.

Cikal bakal berdirinya Pondok Pesantren Darussalam diawali sistem halaqah, yang dipimpin KH Djamaluddin, pada 14 Juli 1914 silam.

Pada 1914 silam itu, tengah masa penjajahan kolonial Belanda, KH Jamaludin memimpin hingga 1919 silam. Dilanjutkan KH Hasan Ahmad, hingga KH Kasyful Anwar.

Baca juga: Wisata Kalsel, Desa Panjaratan di Kabupaten Tanahlaut, Turis Asing Susur Sungai Hutan Alam Bekantan

Baca juga: Depo Arsip Kota Banjarmasin Sediakan Perpustakaan Digital

Baca juga: Tempat Penangkaran Anggrek Bulan Pelaihari Tala Kalsel

"Saat pimpinan dijabat KH Kasyful Anwar sistem halaqah diubah menjadi sistem klasikalnya hingga kini," kata KH M Naufal Rosyad, S.Ag.

Sudah 10 pimpinan umum Yayasan Pondok Pesantren sejak didirikan hingga kini. KH Hasanuddin bin KH Badruddin yang kini menjabat adalah alumni pondok pesantren Darussalam.

Alumni Pondok Pesantren Darussalam Martapura memiliki ikatan yang tersebar di Kabupaten dan Kota se Provinsi Kalimantan Selatan.

Tidak sedikit jabatan yang dipegang alumni Pondok Pesantren Darussalam diberbagai prosfesi baik di lingkungan Pemerintah maupun di sektor swasta.

KH M Naufal Rosyad mengatakan alumni Pondok Pesantren Darussalam Martapura diantaranya adalah KH Khalirurrahman pernah menjabat Bupati Banjar, KH Zaini Ghani Guru Sekumpul dan KH Badruddin pernah menjabat Dewan Pertimbangan Agung (DPA).

(banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/ mukhtar wahid)

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved