Rutan Klas IIB Marabahan

Wujudkan Zero Halinar, Rutan Klas IIB Marabahan Hilangkan Transaksi Uang Tunai

Untuk menghindari sekecil mungkin peredaran narkoba dsn pungutan liar di lingkungan Warga Binaan Rutan (WBR), Rutan Kelas IIB Marabahan berlakukan uan

Editor: Edi Nugroho
banjarmasinpostwiki.tribunnews.com /MuhammadTabri
Warga binaan bertransaksi menggunakan kartu Brizzi di Rumah Tahanan Klas IIB Marabahan. 

banjarmasinpostwiki.tribunnews.com -  Untuk menghindari sekecil mungkin peredaran narkoba dsn pungutan liar di lingkungan Warga Binaan Rutan (WBR), Rutan Kelas IIB Marabahan berlakukan uang non tunai atau elektronik.

Menggandeng Bank BRI untuk bekerja sama, Rutan Marabahan resmi gunakan kartu Brizzi sebagai alat transaksi di Koperasi yang ada di lingkungan Lapas.

Diungkapkan Andi Gunawan Karutan Marabahan, program ini sudah di sosialisasikan pada 2020 lalu dan resmi diberlakukan Januari 2021.

"Yang jelas upaya ini bagian dari Zero Halinar (Handphone Pungutan liar dan Narkoba) di lingkungan Rutan, warga juga lebih aman," beber Andi.

Baca juga: Ada Rumah Pintar Pemilu di Kantor Camat Lampihong, Kerjasama dengan Kesbangpol

Untuk kartu yang dipegang masing-masing WBR, hanya bisa diberlakukan transaksi di koperasi saat berada dalam binaan.

"Tidak akan ada transaksi yang bisa dilakukan selain di koperasi yang disediakan. "Sesama warga binaan tidak bisa melakukan transaksi. Apalagi transaksi jahat seperti narkoba," pungkas Andi.

Program ini sudah terkonsep dengan baik, tidak adanya peredaran uang tunai maka jauh lebih aman bagi warga binaan dalam keseharian.

Mereka tidak perlu lagi risau menyimpan uang tunai di ruangan. Karena hanya berbentuk kartu dan tidak diketahui nominal saldonya. (banjarmasinpostwiki.tribunnews.com /MuhammadTabri)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved