Paripurna Istimewa

Pembacaan Sejarah Kalsel di Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kalsel

Berbeda dengan Rapat Paripurna biasanya, Rapat Paripurna Istimewa memperingati hari jadi Provinsi Kalsel dibuka dengan penampilan tarian Baksa Kemba

banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Achmad Maudhody
Gubernur Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Forkopimda Kalsel dan Anggota DPRD Provinsi Kalsel usai menghadiri Rapat Paripurna Istimewa Memperingati Hari Jadi Provinsi Kalsel 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARMASIN - Berbeda dengan Rapat Paripurna biasanya, Rapat Paripurna Istimewa memperingati hari jadi Provinsi Kalsel dibuka dengan penampilan tarian Baksa Kembang diiringi lantunan musik khas Daerah.

Para Anggota Dewan, Kepala Dinas di lingkup Provinsi Kalsel, Sekretaris dan Staf Sekretariat juga menggunakan pakaian jas bertema adat Banjar lengkap dengan topi laung.

Tak hanya itu, Ruang Rapat Paripurna Gedung Kantor DPRD Provinsi Kalsel pun didekorasi sedemikian rupa bertema khas Banjar dengan ornamen kain-kain sasirangan yang dirangkai di hampir setiap sudut ruang Paripurna.

Baca juga: Pakaian Adat Khas Banjar Anggota Dewan Peringati Hari Jadi Kalsel

Rapat Paripurna dipimpin oleh Unsur Pimpinan DPRD Provinsi Kalsel, dihadiri Kepala Daerah Provinsi Kalsel dan para tamu undangan.

Selain itu, pada momen ini biasanya juga dilaksanakan pemotongan nasi tumpeng, sebagai prosesi memperingati hari jadi Provinsi Kalsel.

Agenda rapatnya pun bukan mengutamakan soal penjelasan atau pemandangan umum fraksi atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) seperti biasanya, pada Rapat Paripurna Istimewa ini digelar pembacaan sejarah tentang Provinsi tertua di Kalimantan ini.

Sejarah terbentuknya Provinsi Kalsel, kejadian penting hingga perkembangannya dibacakan di depan seluruh peserta Rapat Paripurna.

Tak hanya itu, nama-nama Mantan Gubernur Kalsel dan Ketua-Ketua DPRD Provinsi Kalsel terdahulu juga dibacakan untuk mengenang perjalanan Provinsi Kalsel sejak dibentuk lebih dari 70 tahun lalu. (banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/Achmad Maudhody)
/Achmad Maudhody)

Ikuti kami di
Editor: Edi Nugroho
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved