Pasar Budaya Racah Mampulang

Titian di Tengah Sawah Bakal Jadi Wisata Budaya di Balida

Keberadaan Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida, Kecamatan Paringin menjadi satu wisata alam buatan di Balangan.

banjarmasinpostwiki.tribunnews.com /isti rohayanti
Pengunjung Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida berbincang di atas titian yang baru diolah pada sawah Desa Balida 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinpostwiki.tribunnews.com - Keberadaan Pasar Budaya Racah Mampulang Desa Balida, Kecamatan Paringin menjadi satu wisata alam buatan di Balangan.

Pasar budaya ini terus dikembangkan oleh pemerintah desa setempat. Terutama peran Kepala Desa Balida, Syahridin. Ia adalah inisiator dari keberadaan pasar budaya tersebut.

Belakangan, pembangunan pasar budaya mulai dilakukan. Pihak desa bekerjasama untuk mengembangkan pasar budaya tersebut. Lahannya pun merupakan sewaan dari warga setempat.

Pasar budaya racah mampulang kini diperluas. Dari yang awalnya ada di perkebunan warga, kini merambah kawasan persawahan.

Baca juga: Pasar Budaya Racah Mampulang, Konsep Pasar Tradisional di Tengah Persawahan

Pihak desa membangun titian tepat di atas sawah tersebut. Titian yang dibangun didesain sedemikian rupa sehingga nampak menjadi daya tarik bagi pengunjung. Tak hanya itu, pada lokasi yang sama juga direncanakan pembangunan warung di tengah sawah. Bahkan akan disediakan spot foto untuk pelancong wisata.

Kepala Desa Balida, Syahridin menyampaikan perkembangan Pasar Budaya saat ini. Ucapnya, pengunjung nantinya akan disuguhkan tempat-tempat menarik untuk berfoto.

"Kami membuat beberapa spot foto di kawasan pasar budaya ini. Selain itu ada manara pantau untuk pengunjung melihat pemandangan dari ketinggian," ucap Syahridin, Rabu (17/2/2021).

Ke depan, spot foto yang dibuat pun masih tetap menawarkan konsep tradisonal. Di antara bangunan sarang burung dari bambu yang nantinya akan bisa dinikmati wisatawan.
(banjarmasinpostwiki.tribunnews.com/isti rohayanti)

Ikuti kami di
Editor: Edi Nugroho
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved