Aula Idham Chalid

Kalselpedia, Penghargaan Kepada Pahlawan, Aula Ini Diberi Nama Idham Chalid

Aula Idham Chalid adalah sebuah Aula yang berada di kawasan Komplek Perkantoran Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru

banjarmasinpostwiki.tribunnews.com-Aula /Nurholis Huda
Aula Idham Chalid adalah sebuah Aula yang berada di kawasan Komplek Perkantoran Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinpostwiki.tribunnews.com-Aula Idham Chalid adalah sebuah Aula yang berada di kawasan Komplek Perkantoran Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru berlokasi di jalan Dharma Praja No.1, Palam, Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 70732. Atau sekitar 15 kilometer dari Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru.

Aula tersebut bisa dipakai untuk kegiatan massal (acara) sampai 1000 orang kapasitas.

Dinamakan Idham Chalid karena untuk penghargaaan dan mengabadikan nama pahlawan nasional asal Kalimantan Selatan almarhum
Idham Chalid yang lahir pada tanggal 27 Agustus 1921 di Satui, bagian tenggara Kalimantan Selatan.

Dr. KH. Idham Chalid meninggal di Jakarta 11 Juli 2010, pada umur 88 tahun).

Baca juga: Tempat Rekomendasi Pembelian Buah Durian Secara Online Maupun Offline di Banjarbaru

Ia merupakan anak sulung dari lima bersaudara. Ayahnya H Muhammad Chalid, penghulu asal Amuntai yang sekitar 200 kilometer dari Kota Banjarmasin.

Saat usia Idham enam tahun, keluarganya hijrah ke Amuntai dan tinggal di daerah Tangga Ulin, kampung halaman leluhur ayahnya. Ayahnya berdarah Melayu Banjar asli, sedangkan ibunya campuran darah Banjar dan Melayu juga ada darah Bugis.

Ia adalah salah satu politisi Indonesia yang berpengaruh pada masanya. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia pada Kabinet Ali Sastroamidjojo II dan Kabinet Djuanda.

Ia juga pernah menjabat sebagai ketua MPR dan Ketua DPR. Selain sebagai politikus ia aktif dalam kegiatan keagamaan dan ia pernah menjabat Ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama pada tahun 1956-1984.

Idham Chalid diangkat menjadi Pahlawan Nasional Indonesia, bersama dengan 6 tokoh lain, berdasarkan Keppres Nomor 113/TK/Tahun 2011 tanggal 7 November 2011.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Edi Nugroho
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved