Rumah Singgah Kota Banjarbaru

Rumah Singgah Kota Banjarbaru Dibuat Serasa Tinggal di Hotel

Kesan seram dan kumuh sering tergambar begitu mendengar kata rumah singgah bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

banjarmasinpostwiki.tribunnews.com /Milna sari
Rumah Singgah Berkarakter Dinas Sosial Kota Banjarbaru 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinpostwiki.tribunnews.com - Kesan seram dan kumuh sering tergambar begitu mendengar kata rumah singgah bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Rumah yang biasanya disiapkan bagi orang terlantar, anak punk, pengemis, wanita tuna susila, dan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) pasca rehabilitasi medis ini kerap terkesan tidak terawat.

Namun berbeda dengan Rumah Singgah Berkarakter Dinas Sosial Kota Banjarbaru yang tampak nyaman dan bersih.

Beberapa kamar dari total delapan kamar bahkan dihias dindingnya dengan wallpaper bergambar indah sehingga tampak menyenangkan. Lukisan indah juga dipajang di beberapa bagian ruangan.

Baca juga: LPPL Radio Suara Tabalong Gencar Informasikan Perkembangan Covid- 19

Setiap kamar bahkan sudah disediakan spring bed dan lemari bagi pengunjungnya nanti.

Seperti di hotel juga, setiap yang akan menghuni kamar rumah singgah juga akan diberikan odol baru, sikat gigi baru dan fasilitas lain oleh petugas.

"Dulu Rumah Singgah ini catnya putih polos saja, tapi setelah saya masuk ke Dinas Sosial, ruangan di Rumah Singgah saya cat, dan diberi hiasan dinding sehingga tak terkesan sebagai rumah singgah, dan yang menghuni juga merasa senang," jelas Kabid Rehabilitasi Sosial Taufik Ariyadi kepada Banjarmasinpost.co.id Senin (8/2/2021).

Sebagian kamar diisi oleh dua orang, dan sebagian diisi hanya satu orang dengan satu spring bed. Kamar khusus anak juga dibedakan dengan kamar untuk orang dewasa.

Penghuni rumah singgah juga diberi makan tiga kali sehari oleh juru masak di rumah singgah. Bagi yang ingin masak sendiri juga bisa memasak di dapur rumah singgah.

Toilet dan Musala juga disediakan bagi penghuni. Mereka yang masuk ke rumah singgah yang sebagian besar bermasalah bisa lebih dekat dengan Tuhan dengan disediakan musala.
(banjarmasinpostwiki.tribunnews.com /Milna sari).

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved