Kelenteng Kotabaru

Kelenteng Kotabaru Kalsel Ramai Saat Perayaan Hari Raya Imlek

Kelenteng adalah sebutan untuk sebuah tempat ibadah penganut bagi warga Tionghoa. Penganut kepercayaan Tionghoa sering disamakan sebagai penganut ag

banjarmasinpostwiki.tribunnews.com /Helriansyah
Kelenteng di jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Edi Nugroho

banjarmasinpostwiki.tribunnews.com - Kelenteng adalah sebutan untuk sebuah tempat ibadah penganut bagi warga Tionghoa. Penganut kepercayaan Tionghoa sering disamakan sebagai penganut agama Tri Dharma Taoisme Konghucu.

Di Kabupaten Kotabaru juga terdapat kelenteng. Bangunan Kelenteng ini beralamat di jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Lokasinya sangat strategis, persis di pertigaan antara jalan Sisingamangaraja dengan H Agus Salim. Selain itu, Kelenteng yang biasa disebut Tempekong oleh masyarakat Kotabaru berada di tengah kota.

Baca juga: Kelenteng Kotabaru Kalsel Berdiri Tahun 1895

Ditambah lagi desain bangunan dan warna cat khas yang khas menambah keeksotikaan tersendiri dari bangunan tersebut.

Kelenteng atau Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) An Hwa Tian ini berdiri pada tahun 1895, hingga sekarang masih bagus dan terawat.

Wakil Ketua Pengurus TITD An Hwa Tian, Jony Kamitono mengatakan bangunan Kelenteng terdiri dari ruang ibadah 12 meter x 13 meter dan bangunan serbaguna,sekretariat berukuran 9 meter x 20 meter.

Sedangkan bangunan pagoda terdiri dari dua tempat. Menurut Jony, pagoda berukuran kecil terdapat tambur dan lonceng.

Untuk pagoda yang besar terdapat rupang Budha (Tri Dharma). Biasa digunakan tempat sembahyang setiap penanggalan imlek 1 dan 15 serta hari-hari besar Dewa Dewi.  (banjarmasinpostwiki.tribunnews.com /Helriansyah).

Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved