Kuliner Banjarbaru

Nasi Kabuli, Makanan Khas Banjarbaru dan Makna di Balik Namanya

Nasi Kabuli berbahan baku nasi, di atasnya dilengkapi dengan taburan ikan abon haruan (Ikan Gabus) atau kelapa parut yang sudah disangrai.

banjarmasinpostwiki.com/nurholis huda
Nasi Kabuli adalah salah satu nasi khas Kuliner Banjarbaru. 

Penulis wartawan banjarmasinpost.co.id Nurholis Huda

BANJARMASINPOSTWIKI.COM - Nasi Kabuli adalah salah satu nasi khas Kuliner Banjarbaru.

Nasi Kabuli berbahan baku nasi, di atasnya dilengkapi dengan taburan ikan abon haruan (Ikan Gabus) atau kelapa parut yang sudah disangrai.

Sebagian ada yang dilengkapi dengan Toping telur radar, yang diiristipis.

Uniknya nasi Kabuli selalu disajikan dengan bungkus daun pisang sehingga aroma daun pisang ini menjadi ciri khas nasi kabuli.

Pemerintah Kota Banjarbaru menetapkan Nasi Kabuli sebagai kuliner khas Banjarbaru melalui Surat Edaran Nomor 065I215/Ekonomi/2016 yang dikeluarkan pada tanggal 31 Agustus 2016 tentang Penetapan Makanan Khas Tradisional Banjarbaru.

Yuk, Mengenal Butik Emas Logam Mulia Banjarmasin, Tempat Beli Emas Hingga 1 Kilogram

Kebun Hikun di Kabupaten Tabalong Kalsel, Tersedia Tempat Pemancingan dan Tempat Bersantai

Pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Pusat Penjualan Intan dan Batu Permata

Dalam Surat Edaran Wali Kota disebutkan untuk mendorong kedaulatan pangan, maka harus disajikan menu makanan tradisional yang sehat.

Karena Kota Banjarbaru belum memiliki menu makanan khas/tradisional yang menjadi branding, maka dipilihlah Nasi Kabuli untuk branding kuliner Banjarbaru.

Oleh karenanya Wali Kota Banjarbaru melalui Surat Edarannya mengimbau kepada setiap SKPD agar dalam setiap pertemuan atau rapat dapat menyediakan hidangan Nasi Kabuli, terlebih jika ada kunjungan atau studi banding dari daerah lain.

Selain untuk mengenalkan branding kuliner, juga untuk meningkatkan produksi Nasi Kabuli dan meningkatkan pemasukan UMKM.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Royan Naimi
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved