Kecamatan di Tapin

Daftar 6 Kecamatan di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan Berpotensi Dilanda Bencana Banjir

Daftar 6 Kecamatan di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan Berpotensi Dilanda Bencana Banjir

Editor: Royan Naimi
BPBD Tapin
Debit air Sungai Tapin selalu dipotret dan disampaikan Pusdalops BPBD Kabupaten Tapin melalui media sosial, warna merah berarti status Sungai Tapin Siaga I, Jumat (17/1/2020). 

Penulis wartawan Banjarmasinpost.co.id Mukhtar Wahid

BANJARMASINPOSTWIKI.COM - Daftar 6 Kecamatan di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan Berpotensi Dilanda Bencana Banjir.

Pemerintah Kabupaten Tapin sudah melaksanakan persiapan menghadapi bahaya musibah bencana alam.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan yang memimpin apel kesiapsiagaan menegaskan bencana alam tak dapat dihindari.

Namun, kesiapan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Tapin diperlukan untuk meminimalisir korban saat gelar apel di Lapangan Dwi Dharma Rantau, belum lama ini.

Menikmati Buah Ramania Khas Kalsel, Berasa Kecut Cocok untuk Bahan Rujak dan Pengganti Asam Jawa

Pelabuhan Perikanan Banjar Raya Banjarmasin, Di Sini Bisa Beli Ikan Murah dari Harga Pasar Lho!

Buah Langka dari Pegunungan Meratus Kalsel Ini Namanya Ulur Ulur, Khasiatnya Jadi Obat Sakit ini

VIDEO : Pengolahan Kain Sasirangan Oleh-Oleh Khas Pulau Burung Kabupaten Tanahbumbu

Begini Bentuk Tapping Box, Alat Perekam Transaksi Membantu Perekam Pajak

Bencana alam di Kabupaten Tapin, seusai dokumen rencana kontijensi bencana alam berupa banjir, tanah longsor dan angin puting beliung yang dibuat BPBD Kabupaten Tapin.

Dalam dokumen Kebencanaan itu, potensi dan skenario musibah bencana alam melanda 6 Kecamatan di 7 Kelurahan dan 16 Desa se Kabupaten Tapin.

Ada 2.788 kepala keluarga dengan jumlah 15.153 jiwa yang terdampak langsung ditangani tim Posko Gabungan siaga darurat bencana alam dari berbagai instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin dan instasi vertikal serta relawan dari perusahaan daerah dan perusahan swasta di Kabupaten Tapin.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tapin, H Akhmad Sopyan mengaku potensi bencana di Kabupaten Tapin, adalah bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Titik-titik rawan potensi bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung sudah dipetakan dan dipantau bersama Kapolres Tapin AKBP Eko Hadi Prayitno, beberapa waktu lalu, sebelum gelar apel kesiapsiagaan.

Daftar 6 Kecamatan di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan Berpotensi Dilanda Bencana Banjir adalah sebagai berikut menurut Kapolres Tapin.

"Daerah rawan banjir sepanjang bantaran Sungai Tapin, mulai dari Desa Piani, Desa Rantau Bujur, Kelurahan Kupang, Kelurahan Rangda Malingkung, Desa Banua Halat Kanan dan Desa Masta. Untuk di Kecamatan Binuang, potensi bencana banjir di Kelurahan Raya Belanti," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Jumat (17/1/2020).

Persiapan yang sudah dilakukan BPBD Kabupaten Tapin, sebut H Akhmad Sopyan dalam mengantisipasi musibah bencana alam, dengan membentuk posko gabungan di Kelurahan Rangda Malingkung, Kecamatan Tapin Utara.

Selain itu, melibatkan relawan pemantau debit air Sungai di wilayah pegunungan dan aliran sungai Tapin untuk melakukan pemantauan setiap saat dan diinformasikan melalui sambungan radio frekuensi dan media sosial.

Anggaran antisipasi penanggulangan bencana alam dari sumber APBD Kabupaten Tapin, melalui DPA BPBD Kabupaten Tapin, jelas Akhmad Sopyan.

( Banjarmasinpostwiki.com/mukhtar wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR
118 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved